Berita Umum


Bakti Sosial

10 Feb 2018 admin 280 views

 

Pada hari Jumat, 19 Januari sampai dengan Minggu, 21 Januari 2018 SMA Negeri 1 Purwokerto menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di Desa Melung, Kecamatan Kedung Banteng, Banyumas. Acara bakti sosial yang diselenggarakan selama tiga hari ini sukses dan mendapat sambutan baik dari warga setempat. Seluruh organisasi beserta guru-guru ikut terlibat langsung dalam berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan.

Acara bakti sosial ini merupakan acara tahunan yang menjadi salah satu program kerja OSIS. Berakar pada visi sekolah, yakni menciptakan anak-anak yang peduli, acaranya ini diselenggarakan sebagai perwujudan bakti warga SMA Negri 1 Purwokerto terhadap kehidupan sosial di sekitarnya.

Kegiatan ini diawali dengan pengajian umum di hari pertama. Kegiatan berlangsung khusyuk. Dapat dilihat dari jumlah warga yang hadir, antusiasme warga setempat sangatlah tinggi. Hal tersebut terbukti dengan keramaian pada hari kedua, Sabtu, 20 Januari 2018 yang diawali dengan pengobatan gratis dan sosialisasi ke SD Negeri Melung dan SMP Negeri 3 Kedung Banteng oleh organisasi-organisasi SMA Negri 1 Purwokerto. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembagian sembako dan pasar murah. Puncak dari seluruh rangkaian bakti sosial 2018 dikemas dalam bentuk suguhan apresiasi seni yang tak hanya menampilkan guyon maton berjudul “Nila Setitik, Rusak Susu Sebelanga” dari tim Laprasta SMA Negeri 1 Purwokerto, tetapi juga penampilan dari murid-murid SD dan SMP setempat. Acara ditutup dengan penerbangan lampion.

Hari ketiga selanjutnya dimulai dengan pelaksanaan senam pagi dan jalan sehat. Kegiatan yang diikuti oleh warga dari berbagai usia ini berakhir dengan pembagian dorprize, berupa: payung, setrika, kompor gas, magic com, dan kipas angin dengan hadiah utama sebuah sepeda.

Seluruh rangkaian kegiatan bakti sosial SMA Negri 1 Purwokerto mendapat kesan yang baik oleh para warga. Warga mengucapkan banyak terima kasih karena merasa terbantu oleh adanya kegiatan-kegiatan di dalam bakti sosial ini. Kedepannya, seperti yang disampaikan oleh bapak kepala sekolah, diharapkan kegiatan bakti sosial SMA Negeri 1 Purwokerto dapat lebih mengakomodir kebutuhan masyarakat. Beliau juga berharap kegiatan ini dapat terus dipertahankan menjadi kegiatan tahunan. Kegiatan ini sekaligus sebagai pelajaran bagi siswa-siswi SMA N 1 Purwokerto akan kehidupan masyarakat di sekitarnya.