KIAT-KIAT JITU MENAKLUKAN MATEMATIKA

16 Feb 2022 rezza 424 views

KIAT-KIAT JITU MENAKLUKAN MATEMATIKA

 Oleh: Windy Mazaya Amalina, S.Pd

 

Matematika seringkali dianggap sebagai salah satu pelajaran yang menjadi momok dikalangan siswa. Dalam pembelajaran matematika sering didapatkan bahwa siswa masih sukar menerima dan mempelajari matematika bahkan banyak yang mengeluh bahwa pelajaran matematika membosankan, tidak menarik dan susah untuk dipahami. Siswa juga sering tidak fokus dalam proses pembelajaran dikarenakan materi matematika sifatnya tidak nyata atau abstrak yang sulit dibayangkan di dunia nyata.

Salah satu penyebab utama dari kesulitan pelajaran matematika ialah karena sifatnya yang abstrak. Hal ini sangat kontras dengan alam pikiran kita yang terbiasa berfikir tentang obyek-obyek yang kongkret. Bahasa matematika adalah bahasa yang abstrak, bahasa yang dipenuhi dengan begitu banyak simbol matematis. Karena sifatnya yang abstak inilah, seringkali kebanyakan orang awam mengira bahwa matematika itu tak ada hubungannya dengan dunia nyata yang kongkret.

Matematika sebenarnya menyenangkan, jika kamu sudah memahami konsepnya. Kamu cenderung akan kecanduan untuk terus menerus mengerjakan soal matematika dan akan menganggap ini sebagai tantangan jika kamu sudah benar-benar memahami dan mencintai matematika. Untuk bisa memahami matematika, tentunya diperlukan berbagai tips dan trik agar lebih cepat dalam belajar matematika. Nah, sebelum belajar matematika tentunya kamu harus mengubah mindset terlebih dahulu. Hindari berpikir bahwa matematika itu sangat sulit. Jika kamu punya pikiran demikian, secara tidak langsung kamu akan merasa takut dan membuat kamu semakin sulit untuk menerima matematika dikehidupan kamu. Oleh karena itu langkah awal menaklukan matematika adalah mencintai matematika terlebih dahulu dengan selalu berpikiran positif bahwa matematika itu menyenangkan. Setelah kamu bisa menerima matematika dalam kehidupan kamu, langkah selanjutnya kamu bisa menggunakan tips berikut untuk lebih bisa menaklukan ilmu matematika.

1.        Kenali gaya belajar diri sendiri terlebih dahulu

Langkah awal sebelum belajar matematika adalah mengenali gaya belajar diri sendiri terlebih dahulu. Masing-masing individu mempunyai gaya belajar berbeda-beda, aada yang audio, visual, kinestetik ataupun gabungan. Hal ini akan benar-benar efektif untuk membuatmu menyukai pelajaran matematika.

 

2.        Cari tempat belajar yang asyik dan menyenangkan

Belajar matematika memang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. carilah tempat yang dapat memberikan ketenangan untuk belajar matermatika. Bila bosan belajar di kamar atau rumah, cobalah belajar di taman, tepi sungai atau sawah. Sesekali belajar matematika di kafe yang instagramable juga bisa dicoba. Selain menemukan tempat baru yang asyik untuk belajar, cara lainnya adalah dengan menyiapkan minuman yang dapat membantumu berkonsentrasi lebih baik.

 

3.        Belajar kelompok untuk saling bertukar wawasan dengan teman

Belajar kelompok bersama teman untuk membahas matematika tentu akan menjadi hal yang menyenangkan. Cara ini dapat membuatmu lebih paham. Demikian juga sebaliknya, untuk temanmu yang belum paham materi tertentu juga kan terbantu saat berdiskusi denganmu. Belajar bersama teman untuk mengerjakan soal-sola matematika tentu akan membuat suasana belajar lebih seru. Selain kalian dapat bertukar wawasan, kalian bisa menemukan konsep pemahaman baru yang lebih mudah.

 

4.        Pahami konsep dasar matematika

Kebanyakan siswa hanya mengandalkan hafalan rumus saja tanpa mengetahui konsepnya. Hal ini akan mengakibatkan kamu kesulitan dalam matematika jika lupa rumusnya. Oleh karena itu sebelum kamu menguasai rumusnya tentunya kamu harus menguasai konsepnya terlebih dahulu. Ketika kamu paham konsep dasar matematika tentu kamu tidak akan menjumpai kesulitan jika kamu lupa rumusnya. Sederhananya dengan memahami konsep dasarnya secara otomatis kamu dapat menghafal rumusnya.

 

5.        Buat catatan rumus penting dalam bentuk catatan menarik dan penuh warna

Matematika tak lepas dari rumus. Bahkan, untuk menyelesaikan satu soal terdapat beberapa rumus yang dapat diaplikasikan. Agar kamu lebih mudah mempelajarinya, buat catatan rumus lengkap dengan contoh soal dan kelompokkan sesuai materi. Cara ini efektif menjaga daya ingat dan pemahaman kamu mengenai materi pelajaran. Apalagi jika catatan rumus penting kamu dibuat dengan menarik menggunakan pulpen berwarna. Hal ini akan meningkatkan daya ingat kamu tentang apa yang kamu catat dan kamu akan lebih mudah untuk memahaminya

 

6.        Perbanyak latihan soal-soal

Matematika bukanlah pelajaran hafalan. Kamu akan menguasai matematika jika kamu latihan secara terus menerus. Semakin bnyak soal latihan yang kamu kerjakan maka akan semakin bnyak pengalaman kamu dalam menjawab soal. Memang hal ini membuat sebagian orang malas untuk melakukannya, namun jika tidak dimulai dari latihan bagaimana kamu akan bisa memahami matematika. Kamu bisa mulai berlatih soal dari soal yang paling mudah menurutnya kamu. Setelah itu kamu bisa meningkatkan level soal dan menganggap ini sebagai tantangan, agar kamu mendapat pengalaman banyak dalam belajar matematika.

 

7.        Bertanya kepada guru jika ada hal yang dirasa sulit

Kebanyakan siswa masih merasa malu untuk bertanya tentang matematika kepada guru jika masih ada hal yang dianggap sulit. Hal ini kerap kali akan membuat kamu semakin tidak bisa untuk menyelesaikan soal ataupun latihan matematika. Oleh karena itu, jika kamu menemukan kesulitan dalam matematika, lebih baik langsung ditanyakan kepada guru biar jelas, tuntas dan tidak mengalami kesulitan untuk berlanjut ke materi selanjutnya.

 

Demikian kiat-kiat jitu untuk menaklukan matematika, semoga bermanfaat.