Berita Umum


QUIZIZZ INOVATIF MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

5 Apr 2022 rezza 771 views

QUIZIZZ INOVATIF MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA


oleh : Windy Mazaya Amalina, S.Pd


Sebagian besar siswa di Sekolah Menengah Atas masih mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika rendah. Hal ini terbukti masih banyak siswa yang memperoleh nilai rendah dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan. Hal ini disebabkan pembelajaran matematika yang digunakan hanya penjelasan materi, pemberian contoh dan penyelesaian soal-soal. Dampak dari hal tersebut, siswa cenderung menghafal konsep-konsep maupun rumus-rumusnya saja. Hal ini berakibat buruk bagi minat belajar siswa dalam mempelajari matematika.

Disamping itu, motivasi siswa yang masih rendah dalam belajar matematika mengakibatkan siswa kesulitan untuk menerima dan memahami materi yang di berikan oleh guru. Rendahnya motivasi untuk belajar matematika ini dipicu oleh faktor dari dalam diri siswa maupun faktor dari luar. Adapun indikator motivasi menurut (Syaripah: 2016) yaitu: 1. Adanya keinginan untuk belajar 2. Adanya dorongan dan kebutuhan belajar 3. Adanya harapan untuk masa depan 4. Adanya penghargaan 5. Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar. Kemudian salah satu faktor dari luar yang menyebabkan turunnya motivasi belajar matematika dalah penyampaian materi pada pembelajaran matematika masih menggunakan metode konvensional sehingga membuat siswa merasa bosan dalam belajar.

Seiring dengan perkembangan zaman yang yang lebih maju, di dunia pendidikan perlu inovasi pembelajaran sesuai perkembangan teknologi saat ini. Salah satunya dengan menerapkan media Quizizz dalam pembelajaran. Prinsip dari media Quizizz yakni siswa mengerjakan soal menggunakan smartphone mereka masing-masing dengan tampilan seperti permainan. Terdapat skor, meme, dan peringkat. Selain itu, meme bisa diisi dengan kalimat-kalimat motivasi. (Mulyati & Evendi, 2020) mengatakan bahwa Quizizz merupakan sebuah aplikasi game yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Agar siswa lebih berantusias dalam mengikuti pelajaran, dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang menyenangkan. Siswa lebih mudah mendapatkan pengalaman belajar atau mendalami pokok materi pelajaran. Pemanfaatan aplikasi Quizizz mampu menggugah semangat belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika. Melalui aplikasi ini dapat lebih memudahkan siswa dalam memahami setiap soal yang disajikan dan menyelesaikannya dengan cara yang menyenangkan. Quizizz merupakan media pembelajaran berbasis game dengan latihan interaktif dan menyenangkan (Purba, 2019).

Pemilihan media ini sangat menarik bagi siswa karena menyediakan kesempatan bagi mereka untuk bermain sambil belajar dengan memanfaatkan setiap fasilitas yang disuguhkan dalam aplikasi Quizizz. Media game Quizizz ini dapat menambah motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, aplikasi Quizizz ini dapat digunakan oleh para pendidik untuk meninjau kinerjanya melalui hasil belajar siswa. Tidak seperti aplikasi pendidikan lainnya, Quizizz memiliki karakteristik permainan seperti avatar, tema, meme, dan hiburan musik di dalamnya proses pembelajaran. Ada dua mode utama dalam Quizizz, yaitu mode instruktur sebagai pembuat kuis, yang dapat diakses melalui Quizizz.com, dan mode pemain, dalam hal ini adalah siswa, yang dapat diakses melalui www.Quizizz.com/join.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan waktu untuk menjawab setiap pertanyaan; jika seorang siswa menjawab dengan cepat, siswa akan mendapatkan lebih banyak poin daripada siswa yang menjawab lebih rendah. Quizizz juga memungkinkan siswa untuk saling bersaing dan memotivasi mereka belajar. Siswa mengikuti kuis pada waktu yang sama di kelas dan melihat peringkat langsung mereka di papan pemimpin. Meskipun mereka mengerjakan soal pada waktu yang relatif sama, itu sulit bagi siswa untuk menyontek karena soal dan jawaban diberikan secara acak.

 

Adapun Langkah membuat Quizizz inovatif bagi guru yakni:

1.  Masuk ke www.quizizz.com lalu Sign up.

2.  Untuk memudahkan, anda bisa memakai akun Google anda.

3.  Pilihlah Peran anda, apakah sebagai guru, siswa, orang tua atau lainnya.

4.  Lengkapi data anda.

5.  Isikan info Kuis anda.

6.  Lengkapi modul - modul seperti pertanyaan, pilihan jawaban, dan jawaban yang benar

7.  Question preview” akan menampilkan soal yang anda buat. Tambahkan pertanyaan baru dan klik finished bila sudah selesai.

8.  Tahap akhir, pilih Grade atau tingkatan, subjects atau mata pelajaran. Klik finish and create Quiz

9.  Tampilkan kuis anda secara langsung atau untuk PR

10.     Setting kuis anda, lalu klik Proceed.

 

Kemudian Penggunaan Quizizz bagi siswa tanpa aplikasi yakni:

1.  Ketikkan pada Google “Quizizz”

2.  Klik Enter Code.

3.  Ketikkan kode yang diberikan oleh guru ke kolom “Masukkan kode gabungan”

4.  Klik Masuk sebuah game.

5.  Mulai mengerjakan.

 

Adapun Penggunaan Quizizz dengan aplikasi bagi siswa yakni:

1. Download aplikasi Quizizz pada Playstore atau sejenisnya.

2. Masukkan kode

3. Mulai

 

Penulis ingin membagikan pengalaman penggunaan Quizizz yang memberikan dampak positif terhadap peningkatan minat dan motivasi belajar matematika. Antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika meningkat. Hal ini sejalan dengan penelitian terdahulu yang relevan seperti yang disampaikan Menurut (Aini, 2019) dalam penelitiannya yang berjudul “Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah di Bengkulu”. Penelitian ini membuktikan bahwa Quizizz dapat dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Selain itu menurut (Wibawa, Astiti, dan pangestu 2019) kelebihan penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran adalah membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan memunculkan motivasi serta semangat Kembali bagi siswa.

 

 





Daftar Pustaka

 

https://en.wikipedia.org/wiki/Quizizz,

Purba, Leony Sanga Lamsari. 2019. Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran Quizizz pada mata kuliah Kimia Fisika 1. Jurnal Dinamika Pendidikan. (Vol. 12, No. 1) Hal 29-39

 

Aini. 2019. Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah di Bengkulu. Jurnal Kependidikan.Vol. 2, No. 25, 30 Agustus 2019