
QUIZIZZ INOVATIF MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA
QUIZIZZ INOVATIF MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA
oleh : Windy Mazaya Amalina, S.Pd
Sebagian besar siswa di
Sekolah Menengah Atas masih mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika rendah. Hal ini terbukti masih banyak
siswa yang memperoleh nilai rendah dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)
yang ditetapkan. Hal ini disebabkan pembelajaran matematika yang
digunakan hanya penjelasan materi, pemberian contoh dan penyelesaian soal-soal.
Dampak dari hal tersebut, siswa cenderung menghafal konsep-konsep maupun
rumus-rumusnya saja. Hal ini berakibat buruk bagi
minat belajar siswa dalam mempelajari matematika.
Disamping itu, motivasi siswa yang masih rendah
dalam belajar matematika mengakibatkan siswa kesulitan untuk menerima dan
memahami materi yang di berikan oleh guru. Rendahnya motivasi untuk belajar
matematika ini dipicu oleh faktor dari dalam diri siswa maupun faktor dari
luar. Adapun
indikator motivasi menurut (Syaripah: 2016) yaitu: 1. Adanya keinginan untuk
belajar 2. Adanya dorongan dan kebutuhan belajar 3. Adanya harapan untuk masa
depan 4. Adanya penghargaan 5. Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar. Kemudian salah satu faktor dari luar yang menyebabkan turunnya motivasi
belajar matematika dalah penyampaian materi pada pembelajaran matematika masih
menggunakan metode konvensional sehingga membuat siswa merasa bosan dalam
belajar.
Seiring dengan perkembangan zaman yang yang lebih
maju, di dunia pendidikan perlu inovasi pembelajaran sesuai
perkembangan teknologi saat ini. Salah satunya dengan menerapkan media Quizizz dalam pembelajaran. Prinsip
dari media Quizizz yakni siswa
mengerjakan soal menggunakan smartphone mereka masing-masing dengan
tampilan seperti permainan. Terdapat skor, meme, dan peringkat. Selain itu,
meme bisa diisi dengan kalimat-kalimat motivasi. (Mulyati & Evendi, 2020)
mengatakan bahwa Quizizz merupakan sebuah aplikasi game yang dapat
digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Agar siswa lebih berantusias dalam
mengikuti pelajaran, dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang menyenangkan.
Siswa lebih mudah mendapatkan pengalaman belajar atau mendalami pokok materi
pelajaran. Pemanfaatan aplikasi Quizizz mampu menggugah semangat belajar
siswa dalam mata pelajaran Matematika. Melalui aplikasi ini dapat lebih
memudahkan siswa dalam memahami setiap soal yang disajikan dan menyelesaikannya
dengan cara yang menyenangkan. Quizizz merupakan media pembelajaran
berbasis game dengan latihan interaktif dan menyenangkan (Purba, 2019).
Pemilihan media ini sangat menarik bagi
siswa karena menyediakan kesempatan bagi mereka untuk bermain sambil belajar
dengan memanfaatkan setiap fasilitas yang disuguhkan dalam aplikasi Quizizz.
Media game Quizizz ini dapat menambah motivasi belajar dan meningkatkan
hasil belajar siswa. Selain itu, aplikasi Quizizz ini dapat digunakan
oleh para pendidik untuk meninjau kinerjanya melalui hasil belajar siswa. Tidak seperti aplikasi pendidikan lainnya, Quizizz
memiliki karakteristik permainan seperti avatar, tema,
meme, dan hiburan musik di dalamnya proses pembelajaran. Ada dua mode utama dalam Quizizz, yaitu mode
instruktur sebagai pembuat kuis,
yang dapat diakses melalui Quizizz.com, dan mode pemain, dalam hal ini
adalah siswa, yang
dapat diakses melalui www.Quizizz.com/join.
Aplikasi ini
juga dilengkapi dengan waktu untuk menjawab setiap pertanyaan; jika seorang siswa
menjawab dengan cepat,
siswa akan mendapatkan lebih banyak poin daripada siswa yang menjawab lebih
rendah. Quizizz juga memungkinkan siswa untuk saling bersaing dan
memotivasi mereka belajar. Siswa
mengikuti kuis pada waktu yang sama di kelas dan melihat peringkat langsung
mereka di papan
pemimpin. Meskipun mereka mengerjakan soal pada waktu yang relatif sama, itu
sulit bagi siswa
untuk menyontek karena soal dan jawaban diberikan secara acak.
Adapun Langkah membuat Quizizz
inovatif bagi guru yakni:
1. Masuk
ke www.quizizz.com lalu Sign up.
2. Untuk
memudahkan, anda bisa memakai akun Google anda.
3. Pilihlah
Peran anda, apakah sebagai guru, siswa, orang tua atau lainnya.
4. Lengkapi
data anda.
5. Isikan
info Kuis anda.
6. Lengkapi
modul - modul seperti pertanyaan, pilihan jawaban, dan jawaban yang benar
7. “Question
preview” akan menampilkan soal yang anda buat. Tambahkan pertanyaan baru
dan klik finished bila sudah selesai.
8. Tahap
akhir, pilih Grade atau tingkatan, subjects atau mata pelajaran.
Klik finish and create Quiz
9. Tampilkan
kuis anda secara langsung atau untuk PR
10.
Setting kuis anda,
lalu klik Proceed.
Kemudian
Penggunaan Quizizz bagi siswa tanpa aplikasi yakni:
1. Ketikkan
pada Google “Quizizz”
2. Klik
Enter Code.
3. Ketikkan
kode yang diberikan oleh guru ke kolom “Masukkan kode gabungan”
4. Klik
Masuk sebuah game.
5. Mulai
mengerjakan.
Adapun Penggunaan Quizizz dengan aplikasi bagi siswa
yakni:
1. Download aplikasi Quizizz pada Playstore
atau sejenisnya.
2. Masukkan kode
3. Mulai
Penulis ingin membagikan pengalaman penggunaan Quizizz yang
memberikan dampak positif terhadap peningkatan minat dan motivasi belajar
matematika. Antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika meningkat. Hal ini sejalan dengan penelitian
terdahulu yang relevan seperti yang disampaikan
Menurut (Aini, 2019) dalam penelitiannya yang berjudul “Pemanfaatan Media
Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan
Menengah di Bengkulu”. Penelitian ini membuktikan bahwa Quizizz dapat
dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran yang menyenangkan bagi
siswa. Selain itu
menurut (Wibawa, Astiti, dan pangestu 2019) kelebihan penggunaan aplikasi Quizizz
dalam pembelajaran adalah membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan
memunculkan motivasi serta semangat Kembali bagi siswa.
Daftar Pustaka
https://en.wikipedia.org/wiki/Quizizz,
Purba,
Leony Sanga Lamsari. 2019. Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui
pemanfaatan evaluasi pembelajaran Quizizz pada mata kuliah Kimia Fisika 1. Jurnal
Dinamika Pendidikan. (Vol. 12, No. 1) Hal 29-39
Aini.
2019. Pemanfaatan
Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar
Dan Menengah di Bengkulu. Jurnal Kependidikan.Vol. 2, No. 25, 30 Agustus
2019