Berita Umum


Semangat Kemerdekaan SMANSA

17 Aug 2017 admin 194 views

Pendidikan adalah saka yang menyokong pembangunan bangsa dan negara Indonesia. Untuk mewujudkan cita-cita menjadi negara yang merdeka, adil, dan makmur, maka putra-putri bangsa tidak boleh tidak terlebih dahulu menjadi insan yang bermoral dan berpendidikan. Melalui pendidikan, karakter bangsa yang setia mencintai NKRI dan mengamalkan Pancasila itu terus dibangun. Hal mengenai pembentukan karakter inilah yang secara keseluruhan menjadi isi dari amanat kepala sekokah sekaligus pembina upacara 17 Agustus 2017 SMA Negeri 1 Purwokerto, Bapak Muhammad Husein.


Upacara bendera memperingati 72 tahun berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia ini diikuti oleh guru, siswa, serta beberapa orang tua murid SMAN 1 Purwokerto yang turut hadir untuk menyaksikan pelantikan PASPARA putra-putrinya seusai upacara bendera. Upacara bendera berlangsung dengan khidmat sekaligus ceria. Khidmat karena tiap tata urutan upacara dilaksanakan dengan penuh hormat, kemudian ceria karena kompak menyanyikan lagu-lagu nasional bersama dengan penuh semangat dan dengan diiringi tepukan tangan gembira.


Salah satunya lagu Bangun Pemudi Pemuda yang liriknya barang tentu perlu menjadi perhatian, tepatnya pada bagian "Masa yang akan datang kewajibanmulah. Menjadi tanggunganmu terhadap nusa..." Bahwa maju dan mundurnya negara Indonesia memang betul ada di tangan kita. Maka kita perlu merefleksikan diri dan bertanya pada diri sendiri apa yang telah kita lakukan untuk Indonesia. Paling sedikit kita patut bersyukur atas kemerdekaan negara Indonesia yang telah diraih. Panjatan rasa syukur atas anugerah kemerdekaan ini nampak dari kegiatan warga SMAN 1 Purwokerto seusai upacara, yaitu makan dan doa bersama masing-masing kelas beserta para wali kelasnya. Sebab bersyukur adalah wujud bahwa kita menyadari bila kemerdekaan Indonesia tak lepas dari tangan Yang Maha Agung.


Menyadari bahwa kemerdekaan adalah anugerah, berarti harus menyadari pula bahwa anugerah tersebut tak diberikan secara cuma-cuma dan harus kita pelihara. Caranya tentu sangat banyak dan bermacam-macam, yang paling dekat dengan dunia pendidikan tidak lain adalah rajin belajar dan mengejar prestasi yang mengharumkan nama bangsa Indonesia dan sekolah pada khususnya.


Yang perlu menjadi catatan kita bersama yakni upacara bendera dan rangkaian kegiatan lainnya bukan hanya sekedar perayaan tahunan untuk bersenang-senang, namun terlebih sebagai pendorong dan penyemangat untuk meningkatkan kualitas diri dan mengharumkan nama SMAN 1 Purwokerto dari tahun ke tahun. Perayaan tahunan ini harus sejalan dengan kemajuan roda pendidikan Indonesia yang jangan sampai berhenti apalagi mundur. Ayo bangkit, pemudi-pemuda!