Berita Umum


Upacara Perpisahan dengan Bapak Tri Djoko, Ibu Kartini dan Ibu Salimah

7 Aug 2017 admin 106 views

Pada hari Senin, 7 Agustus 2017 upacara bendera yang dilaksanakan di Bakorwil sekaligus menjadi momen perpisahan ketiga guru yang telah purna tugas tersebut dengan siswa-siswi SMAN 1 Purwokerto. Pidato perpisahan yang disampaikan oleh Pak Tri Djoko, yang mewakili kedua rekannya itu, berhasil mengharukan segenap warga SMAN 1 Purwokerto yang hadir dalam upacara di pagi hari tadi.


Dalam pidatonya tersebut, Beliau menitipkan pesan agar kita selalu tekun belajar dan berlatih membangun karakter seorang pemimpin dalam diri kita masing-masing, yaitu pribadi yang sanggup ngayomi, ngayemi, dan ngayani sesamanya. Beliau juga berharap agar kita meningkatkan daya juang dan minat membaca yang notabene sangat penting untuk bisa unggul di era abad ke-21 ini.


Wejangan-wejangan itu barang tentu menjadi amanat bagi kita semua untuk diwujudkan dengan sungguh-sungguh. Setelah penyampaian pidato selesai, acara diakhiri dengan salam-salaman bersama para guru dan murid.


Momen tersebut nampak dihiasi oleh tangis haru para guru yang sesungguhnya tak rela bila harus berpisah dengan rekannya, serta murid yang harus berpisah dengan gurunya. Namun, tangis haru itu jangan diartikan sebagai kesedihan semata, sebab yang lebih utama adalah kebahagiaan dan rasa bangga dibaliknya atas keberhasilan ketiga guru tersebut dalam menyelesaikan tugasnya dengan amat baik, menjadi abdi pendidikan yang sejati.


Maka, segenap keluarga besar SMAN 1 Purwokerto setulus-tulusnya mengucapkan terima kasih atas pengabdian Pak Tri Djoko, Bu Kartini, dan Bu Salimah. Semoga dapat menikmati masa-masa pensiun dengan penuh suka cita.


"Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani", tuntunan Ki Hadjar Dewantara ini telah mereka laksanakan, kini saatnya kita meneladani sikap mereka dalam tindakan nyata dan berhenti berteori semata. Kehilangan orang yang disayang memang berat, namun kata orang jangan berlama-lama hanyut dalam kesedihan, karena perjuangan kita belum selesai. Majulah terus SMAN 1 Purwokerto!





Terima Kasihku Ku Ucapkan
Pada Guruku Yang Tulus
Ilmu Yang Berguna Slalu Di Limpahkan
Untuk Bekalku Nanti

Setiap Hariku Di Bimbingnya
Agar Tumbuhlah Bakatku
Kan Ku Ingat Slalu Nasihat Guruku
Trima Kasihku Guruku



Video perpisahan klik link berikut 

https://youtu.be/tAYlQfZjpZQ